Program Studi Doktor Ilmu Pertanian Fakultas Pertanian Universitas Mulawarman berdiri berdasarkan Surat Izin Dirjen DIKTI No.154/E/O/2022. Program Studi Doktor Ilmu Pertanian merupakan Program Doktor dari rumpun Ilmu Pertanian dengan kekhususan pertanian di lingkungan tropika lembab (tropical rain forest). Prodi ini berada dibawah pengelolaan Fakultas Pertanian Universitas Mulawarman dan menawarkan beberapa peminatan dalam ilmu pertanian.

Program Studi Doktor Ilmu Pertanian mengangkat keunikan kondisi faktual lingkungan tropika lembab yang dicirikan dengan suhu rata-rata tahunan di atas 20 derajat celsius, dengan curah hujan yang sangat tinggi yaitu antara 2500 sd 4500 mm per tahun, dan intensitas penyinaran kurang dari 50% atau ± 5 jam per hari. Kondisi ini berdampak pada persediaan air presipitasi yang cukup sepanjang tahun ± 2400 mm/tahun dan nyaris tidak ada musim kering, dengan tingkat kesuburan tanah yang rata-rata rendah.

Keunggulan lingkungan tropika lembab adalah tingginya keragaman spesies tanaman, baik tanaman pangan, hortikultura, tanaman obat obatan, industri dan kehutanan. Keunikan ini merupakan modal yang sangat potensial untuk pengembangan pertanian spesifik untuk daerah tropika lembab.

Sejarah